12 Juni 2009

Escargot

Escargot atau yang sering kita kenal sebagai bekicot akan menjadi hidangan yang sangat istimewa ditangan ahlinya…. Akan tetapi kalau ditangani oleh chef amatiran yang tidak berpengalaman ya jadinya bisa dibayangkan.. Anyirrr dan Berlendir abissss…. Huexxx….
Ide berawal dari keong mas yang memang lezat kalo disate, aku pikir bekicotpun bisa dijadikan menu yang sama lezatnya. Karena bentuknya yang sama mungkin. Setidaknya itu yang dulu aku pikirkan…
Disalah satu kebon tetanggaku, tanpa mempedulikan kebersihannya, aku pungut beberapa bekicot dari pohon2 pisang yang tumbuh disana. Dengan sadis kuhancurkan cangkang yang merupakan rumah bekicot itu. Kuambil bagian depannya, dan kucuci sebentar… Kubumbui dengan merica garam dan bawang putih…
Sambil kusiapkan bara api, aku tusuk daging bekicot itu pada tusuk sate yang aku buat dari lidi daun aren. Sebenarnya kecurigaanku sudah muncul dari situ, daging bekicot itu teramat sulit ditusuk. Liat dan keras…. Disamping lendirnyapun tidak kunjung habis… Ah, tapi kuteruskan saja, sapa tau begitu di bakar semua jadi lebih baik….
Beberapa saat aku bakar sate bekicot itu, memang kelihatan kalo daging bekicot itu benar2 berlendir, selama dibakar, dia terus mengeluarkan lendirnya… Sampai akhirnya daging berubah kehitaman karena gosong, dan perlahan lendir habis…
Bau bawang putih dan merica yang menyengat menambah aku lebih bersemangat lagi untuk segera menyantapnya…
Yakin sudah matang, aku tiup2 bakaran sate itu agar agak dingin dikit… Selesai kutiup, dengan mantab aku gigit sate itu….
Dan…..
Begitu kugigit…..
Hmmmmm… Mak Currrrrr………. Bagian dalam daging masih banyak lendirnya… hohohoho….
Seketika perutku yang tadinya bersemangat langsung meronta menolak segala sesuatunya masuk kedalamnya.
Gebleg… Setelah itu kapok…. Pok… Pok….
Ga lagi-lagi nyobain daging bekicot….
Tapi g tau kenapa aku kok jadi penasaran gini dengan daging bekicot.. Aku mau hunting ah di bandung ini… Sapa tau ada yang jual.
Apalagi alkisah bekicot ini kaya protein dan dengan pengolahan yang baik dan benar menjadi makanan yang sangat lezat….
Mau tau kandungan gizinya?
Dalam Bekicot terkandung protein sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya. Kandungan lain adalah lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fospor 78 mg, Fe 1,7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2.
Selain itu kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol. Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin 4,62 gr, lisin 4,35 gr, arginin 4,88 gr, asam aspartat 5,98 gr, dan asam glutamat 8,16 gr.
Tapi hati2, bekicot juga mempunyai kandungan bakteri salmonella, atau biasa dikenal sebagai Escherichia coli (E Coli) yang bisa menimbulkan peradangan pada saluran pencernaan sampai dinding usus, tapi dengan pengolahan yang benar, bekicot sangat aman untuk dikonsumsi.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP